Strategi Bisnis Daihatsu Sulut Di Masa Pandemi, Sukses Pasarkan Ribuan Produk Setiap Tahun

Cash move yang baik tertera dalam laporan keuangan yang baik dan laporan keuangan yang baik harus dibuat dengan aplikasi pembukuan yang baik. Dikarenakan sebagian besar masyarakat tidak mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan maka jalur penjualan secara on-line wajib diterapkan. Manfaatkan website, sosial media dan market place untuk menjual produk fashion Anda atau dengan kata lain menjadikan bisnis Anda sebagai bisnis trend online. Hal ini perlu ditekankan nih ke para pelaku bisnis, mereka harus mulai meraba situs on-line sebagai salah satu wadah untuk membuka bisnis karena di zaman ini, apapun udah serba online. Di saat semua orang tengah berdiam diri di rumah, maka produk kuliner household size akan banyak dicari agar masyarakat tidak perlu bolak-balik pergi ke supermarket untuk membeli kebutuhan dapur. Nah, peluang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis kuliner.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Diantaranya adalah melakukan pemotongan gaji, menunda pembangunan fasilitas, hingga memangkas para pekerjanya hingga 25%. Dari sisi permintaan, permintaan tidak mencukupi dan kepercayaan konsumen terhadap produk menurun. OECD juga menyatakan bahwa usaha kecil, menengah dan mikro memiliki dampak signifikan terhadap situasi COVID19. Usaha mikro, kecil, dan menengah sangat rentan terhadap disrupsi usaha karena seringkali dihadapkan pada industri travel, transportasi, dan dapur yang membutuhkan pemasok cepat, dan industri tersebut terkena dampak parah dari COVID-19 .

Contohnya, melalui salah satu brand terbaru kami, yaitu Sahaja, hanya dalam kurun waktu 6 minggu kami berhasil melahirkan terobosan baru berupa produk spray higienis. Produk ini menjawab kebutuhan umat muslim yang ingin tetap terus menjaga kebersihan dalam menjalankan ibadah. Mereka dapat menyemprotkan spray higienis Sahaja ke perlengkapan sholat maupun sajadah mereka, lantas beribadah dengan lebih tenang dan khusyuk. Selain melakukan pemulihan melalui jalur kebijakan, pihak pemerintah telah memberikan bantuan terhadap masyarakat. Agar bisa dengan stimulasi daya beli masyarakat, yang tidak hanya bertumpu pada bansos dengan mengembangkan aktivitas masyarakat, mempercepat realisasi stimulus fiskal, dan memberikan bantuan kepada UMKM. Koperasi dan UKM menyatakan kontraksi konsumsi rumah tangga yang merupakan sektor andalan penerimaan Produk Domestik Bruto Indonesia memberikan kontribusi besar pada pukulan terhadap sektor UMKM.

Produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan masyarakat saatpandemi berlangsung. Suatu usaha akan bisa improvisasi jika mereka bisa mempertahankan kegiatan jual beli. Kebutuhan primer akan terus menjadi kebutuhan primer, dan belum tentu yang dulunya kebutuhan sekunder akan terus menjadi kebutuhan sekunder. Seperti contoh yang terjadi saat ini ialah masker, desinfektan, hand sanitizer dan lain-lain.

Tercatat sudah 1,9 juta orang di rumahkan atau di PHK akibat pandemi ini. Atas dasar ini pula wacana new normal untuk bisnis sangat gencar akhir-akhir ini untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia. Bagi perusahaan yang tiba-tiba harus mengembangkan kebijakan kerja dari rumah, sekaranglah saatnya untuk memastikan bahwa karyawan Anda tetap produktif dan aman saat bekerja dari rumah. Tindakan yang mereka ambil sekarang harus cepat dan tepat, tetapi harus juga selaras dengan tujuan perusahaan. Selain itu, masa pandemik bisa jadi salah satu kesempatan bagi Anda maupun bisnis Anda untuk mengakselerasi bisnis yang Anda jalankan dengan lebih adaptif terhadap teknologi.

Entah kamu membuat sendiri armada kurir atau ekspedisi untuk bisnismu, atau memanfaatkan jasa kurir dan ekspedisi yang sudah ada. Penyesuaian produk dengan kebutuhan ini bukan hanya sekadar mengikuti tren saja, tetapi inilah enterprise pivoting yang sesungguhnya. Anda memerlukan peta jalan yang terencana dengan baik untuk memastikan bahwa bisnis bergerak maju seperti orang yang menjalankan misi. Merebaknya Covid-19 telah mengubah cara berbisnis sehingga semua harus dijalankan sesuai dengan kenormalan baru.

Hindari penggunaan kalimat “informasi harga hubungi kontak berikut” atau sejenisnya untuk bisnis makanan supaya calon pembeli juga cepat melakukan pemesanan. Saat berada di masa sekarang, bisnis rumahan akan mempunyai peluang untuk maju secara pesat karena orang-orang cenderung tidak ada pekerjaan lain di luar rumah. Berbagai ide diciptakan untuk menghasilkan uang demi keberlangsungan hidup yang serba sulit.

Sehingga dengan pendekatan yang manusiawi, terpercaya dan otentik bisa menjadi modal penting sebagai sebuah merek di masa pandemi. Jika dilakukan dengan pendekatan yang benar, pemasaran lewat e mail, bisa mendatangkan pelanggan dengan tepat waktu dan responsif. “Anda dapat memenangkan kepercayaan audiens Anda untuk jangka panjang,” katanya.