Membangun Propesionalisme Guru Melalui Pendidikaan Profesi Guru

Psikolog dan atau Ilmuwan Psikologi dapat menerima benda atau imbalan non uang dari pengguna layanan psikologi sebagai imbalan atas pelayanan psikologi yang diberikan hanya jika tidak bertentangan dengan kode etik dan pengaturan yang dihasilkan tidak eksploitatif. Data dan informasi hasil pemeriksaan psikologi bila diperlukan untuk kepentingan pendidikan, information harus disajikan sebagaimana adanya dengan menyamarkan nama orang atau lembaga yang datanya digunakan. Cara pencatatan information yang kerahasiaannya harus dilindungi mencakup information pengguna layanan psikologi yang seharusnya tidak dikenai biaya atau pemotongan pajak. Dalam hal ini, pencatatan atau pemotongan pajak mengikuti aturan sesuai hukum yang berlaku.

Karena melalui wadah inilah para guru diarahkan untuk mencari berbagai pengalaman mengenai metodologi pembelajaran dan bahan ajar yang dapat diterapkan di dalam kelas. Guru perlu memiliki kemauan yang keras untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan informasi dan teknologi saat ini. Aktif, kreatif, dan inovatif untuk mengembangkan pembelajaran dan selalu updated terhadap informasi atau masalah yang terjadi di sekitar. Mempunyai kemampuan untuk mendidik dan mengajar anak didik dengan baik. Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk kepribadian kaum muda Indonesia yang berbudi pekerti luhur, cerdas, terampil, dan cinta tanah air dan bangsa.

Dalam mengembangkan kompetensi sebagaimana dimaksud pada ayat PNS diberikan kesempatan untuk melakukan praktik kerja di instansi lain di pusat dan daerah dalam waktu paling lama 1 tahun dan pelaksanaannya dikoordinasikan oleh LAN dan BKN. Pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu sebagaimana dimaksud pada ayat ditentukan berdasarkan perbandingan objektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki oleh pegawai. Penyelenggaraan seleksi pengadaan PNS oleh Instansi Pemerintah melalui penilaian secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan lain yang dibutuhkan oleh jabatan.

Kita sebagai guru harus lebih serba tahu dibandingkan peserta didik. Dalam hal ini guru bisa memanfatkan buku-buku atau media masa yang tersedia di perpustakaan, sekolah ataupun toko buku, atau bisa juga dengan mengakses internet tentang hal-hal yang berhubungan dengan spesialisasinya ataupun pengetahuan umum yang dapat menambah wawasannya. “Harapan kami IBI mampu membantu pemerintah mencetak bidan yang berkualitas.

Cara membina profesionalitas dengan partner kerja

Etos kerja adalah suatu sikap dan kemampuan individu dalam melakukan tugas di tempat kerja sesuai dengan nilai-nilai yang positif. Ini juga menjadi sebuah indikator bagi karyawan yang ingin mengembangkan karir mereka ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka yang memiliki etos kerja tentu akan bekerja dengan kejujuran dari setiap langkah pekerjaan yang dia jalani.

Etika kerja pada dasarnya adalah keyakinan bahwa bekerja adalah moral yang baik. Ini juga mengacu pada serangkaian nilai yang didefinisikan dan dicirikan oleh ketekunan dan kerja keras. Etika kerja dapat juga didefinisikan sebagai kemampuan kerja yang melekat untuk memperkuat karakter. Termasuk peraturan perusahaan, peraturan perundangan, dan hukum, sepanjang norma yang berlaku itu sesuai dengan hati nurani. Atas dasar cinta tersebut, profesional sejati menunjukkan kesetiaan pada profesi yang dipilihnya.

Pengadaan PNS di Instansi Pemerintah dilakukan berdasarkan penetapan kebutuhan yang ditetapkan oleh Menteri sebagaimana dimaksud dalam Pasal fifty six ayat . Pengadaan PNS merupakan kegiatan untuk mengisi kebutuhan Jabatan Administrasi dan/atau Jabatan Fungsional dalam suatu Instansi Pemerintah. BKN sebagaimana dimaksud dalam Pasal 47 berwenang mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan norma, standar, prosedur, dan kriteria Manajemen ASN. Dalam hal Presiden tidak menyetujui atau yang bersangkutan tidak bersedia, Menteri membentuk tim seleksi untuk menyeleksi calon anggota pengganti. Presiden menetapkan ketua, wakil ketua, dan anggota KASN dari anggota KASN terpilih yang diusulkan oleh tim seleksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39 ayat . Anggota KASN diseleksi dan diusulkan oleh tim seleksi yang beranggotakan 5 orang yang dibentuk oleh Menteri.