Kisah Si “ratu Aspal” Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Meskipun jumlah tenaga kerja wanita belum mendominasi tenaga kerja pria namun hal demikian menunjukan semakin banyak wanita yang tergiur untuk bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri. Apalagi dizaman yang serba mahal ini, semua harga kebutuhan semakin meningkat belum lagi biaya kebutuhan lain seperti biaya pendidikan, wanita semakin terdorong untuk bekerja. Dr. Mustafa As-Siba’I dalam bukunya, Al-Mar’atu Bainal Fiqhi Wal Qanun, mengungkapkan beberapa pemikiran orang Barat mengenai masalah ini. Seorang filosof dan ekonom Perancis, Joul Simon, berkata “Wanita Barat telah berubah menjadi tuntunan dan barang cetakan.

Menurutnya, pasar-pasar di Indonesia rata-rata perempuan yang bekerja, mereka sudah di pasar sejak pukul 02.00 dini hari untuk berjualan. Tak hanya itu, pekerja perempuan juga mendominasi di lapangan pekerjaan industri di Indonesia. Nilai dan imbal hasil dari investasi tersebut bisa naik atau turun. [newline]Anda harus membaca dan memahami prospektus yang dapat diakses dari situs ini atau melalui agen penjual resmi kami sebelum mulai berinvestasi.

Meski menjadi mitra pengemudi Grab secara paruh waktu, pendapatan maksimal yang diperoleh Rizky bisa mencapai kisaran Rp300 ribu per hari, dengan whole sekitar Rp8 juta setiap bulannya. Dengan bertambahnya pendapatan Rizky, dia bisa mengatur penghasilan sendiri, tak cuma membayar cicilan dan keperluan lain untuk keluarganya, tetapi juga membayar keperluan kuliah hingga wisuda. Saat ini ia juga tidak mencari nafkah sendiri untuk keluarga, “Saya sempat menjadi orangtua tunggal tapi sekarang sudah tidak setelah menikah dengan sesama diriver ojek on-line.” Buat kamu yang sudah mandiri finansial, seringnya selalu merasa bahwa penghasilan saat ini tidak pernah mencukupi. Apalagi bagi kamu yang saat ini jadi tulang punggung keluarga, membuat tak bisa mengalokasikan sebagian penghasilan untuk ditabung. Menurutnya, dalam hal semangat kerja, kakak-beradik ini memang perlu dicontoh.

Selain itu, untuk asuransi jiwa bagi sang tulang punggung keluarga, tabungan dan investasi jangka pendek sampai jangka panjangnya. Menteri Bintang menambahkan banyak perempuan yang kini menjadi tulang punggung keluarga karena suami yang di-PHK, diisolasi, ataupun meninggal dunia karena Covid-19. “Perempuan juga mengalami kesulitan akses terhadap program finansial. Kondisi ini memang sangat memprihatinkan sehingga perempuan dituntut untuk selalu berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya. Padahal, perempuan sangat berjasa dalam menopang ekonomi bangsa, terutama bagi perempuan pelaku usaha,” tambah Menteri Bintang. “Bukan hanya investasi saja, dana darurat, asuransi kesehatan dan jiwa juga sangat diperlukan untuk sang tulang punggung keluarga,” kata Irshad.

Cara untuk menjadi tulang punggung keluarga

Bila suatu hari para wanita ini memutuskan untuk berhenti bekerja, maka mereka tidak akan merasa seperti pria yang sering kali dihujani pandangan merendahkan, khususnya di lingkungan konservatif. Meski di Indonesia fenomena ini sering kali dianggap sebagai sebuah penyimpangan norma, tapi sebetulnya pertukaran peran ini dapat bernilai positif. Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab ‘Fathul Bari’ mengatakan selain menafkahi suaminya, Zainab juga merawat anak dari saudara laki-laki dan saudara perempuannya yang yatim. Sesekali kamu harus menerima kenyataan bahwa keluarga sendiri tidak mampu menolongmu dalam kesulitan.

Quality time bisa Ladies dapatkan dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kamu maupun orang sekitar. Ladies bisa memanfaatkan waktu libur kerja dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, seperti menonton televisi bersama atau barbeque di pelataran rumah. Untuk menelisik hal tersebut, kamu perlu memiliki catatan keuangan, yaitu catatan aset dan utang serta sumber penghasilan dari mana saja dan digunakan untuk apa saja. Sungguh dizaman sekarang banyak wanita yang menjadi pekerja, hal itu memang bukanlah suatu keharaman.