Jadi Tulang Punggung Keluarga, Sweet Sukses Dengan Usaha Mua ..

Untuk mereka yang tulang punggung keluarga, percakapan ini bisa “memberikan keringan,” kata Irshad. Entah ini sebuah hal positif atau sebaliknya, menurut Irshad tidak ada prinsip keuangan secara khusus untuk para tulang punggung keluarga. Sama halnya dengan wanita yang baru lulus sekolah menengah ataupun lulus kuliah, rasanya tidak afdhol jika tidak melanjutkan untuk bekerja. Seolah-olah menganggur bagi wanita itu suatu aib yang besar, atau wanita yang berpendidikan tinggi lalu akhirnya memilih untuk menikah dan menjadi ibu rumah tangga adalah hal yang salah. “Saat kuliah, saya akan fokus untuk belajar, dan setelah selesai kelas langsung nge-Grab. Kadang kalau kuliah lagi libur, saya justru akan optimalkan di Grab.

Karena, pahala yang didapat oleh pencari nafkah sangatlah luar biasa. Baik para suami yang memberikan nafkah pada istri dan anaknya ataupun seorang anak yang menjadi tulang punggung untuk orang tuanya. Namun, kini keadaan perekonomian Suparti dan keluarga berubah drastis sejak adanya pandemi Covid-19.

WowKeren – Tak banyak yang tahu jika Audi Marissa menjadi tulang punggung keluarga sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar . Audi Marissa membocorkan kisah hidupnya yang sudah berkarier sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ia bahkan bekerja keras sejak kelas 6 SD untuk membantu perekonomian keluarga. Sejak ayahnya yang bernama Bapak Hambali meninggal dunia 5 tahun yang lalu akibat sakit paru-paru, Ia menggantikan peran ayahnya mencari nafkah untuk membantu Ibunya menjadi buruh tani sayuran. Hal ini membuat Endro harus menggantikan peran ayahnya, dengan memulung untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sementara ibunya bertugas merawat ayah dan adiknya yang masih bersekolah di taman kanak-kanak.

Yusni yang tetap tegar dalam menghadapi cobaan ini, menceritakan tentang dirinya yang sudah tiga tahun menjadi tulang punggung keluarga gantiin suaminya yang saat ini mengalami kerusakan saraf. Itu belum dengan kondisi rumah kami, yang mana saya sampai punya bel khusus di kamar yang nyambung langsung dengan kasur orang tua saya. Jaga-jaga kalau Bapak mau kencing di pispotnya atau menuntun Ibu yang mau ke kamar mandi, saya dan istri harus siap sedia 7 kali seminggu plus 24 jam sehari.

Cara untuk menjadi tulang punggung keluarga

Isi dari situs ini adalah untuk kepentingan informasi saja dan tanpa mempertimbangan kesesuaian dan relevansi atas produk investasi tertentu, situasi keuangan dan kebutuhan tertentu dari Investor. Anda disarankan untuk meminta petunjuk dari penasehat keuangan, hukum dan pajak sebelum melakukan pembelian reksa dana Schroder manapun. Bila Anda memilih untuk tidak menggunakan jasa penasehat keuangan sebelum berinvestasi, pastikan pilihan reksa dana Anda tepat dan sesuai untuk kebutuhan dan profil risiko Anda. Materi ini dimaksudkan untuk tujuan informasi saja dan tidak dimaksudkan sebagai bahan promosi dalam hal apapun. Materi ini tidak dimaksudkan sebagai penawaran atau ajakan untuk pembelian atau penjualan instrumen keuangan apa pun.

Uang itu, selain untuk modal kembali ia berdangang, juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya suaminya yang membutuhkan pamper. “Harga pamper dewasa itu 10 ribuan per lembar, setiap hari butuh dua. Ya kalau sebulan udah ketahuan butuh berapa ratus ribu,” jelas Suparti. Pasalnya, Irshad menekankan bahwa mencatat semua pengeluaran wajib dilakukan. Dan “tidak hanya pengeluaran untuk keluarga inti saja, tapi termasuk orang yang ada ditanggungannya,” tambahnya. “Dan jangan lupa masukan porsi dana darurat, asuransi, tabungan dan investasi,” imbuhnya.

Menjadi sosok pencari nafkah utama dalam keluarga memang tidak mudah. Itulah sebabnya seorang tulang punggung keluarga merupakan pribadi yang patut mendapat acungan jempol. Kalau Anda sedang berada dalam posisi tersebut, pasti Anda giat bekerja atau berbisnis demi menjamin kesejahteraan keluarga. Untuk itu, suami dan istri sama-sama bekerja, keduanya saling membantu untuk mencukupi keperluan rumah tangga, bahkan tidak dikenal adanya kewajiban suami untuk menyediakan pembantu guna mengurus tugas-tugas domestik.

Setelah ibu cerai, saya jadi tulang punggung keluarga,” singkatnya. Nyatanya, pembagian peran seperti itu tidak berlaku dalam masyarakat Suku Asmat, di mana yang memiliki tugas besar justru perempuan. Orang-orang Asmat menempatkan perempuan sebagai tulang punggung keluarga.

Hal ini tentu saja diperlukan kesepakatan antara pihak pasangan dan keluarganya. Untuk itu, pastikan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, ya. Ketika kita beralasan tidak mau menikah karena minder atau takut kalau keluarga nanti tidak akan terurus, kita harus mengingatkan pada diri sendiri kalau apa yang kita lakukan adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Di luar sana, ada kok banyak orang yang memilih untuk menginggalkan keluarganya hanya demi keinginan pribadinya saja. Ayah Fadil yang bernama Udin sudah meninggal saat ia berusia dua tahun. Sedangkan ayah tirinya Asep Kurnia, 50 tahun, merantau ke Jambi Sumatera sejak sebulan lalu.